COLOR BALANCING UNTUK PEMBUATAN MOSAIK CITRA SPOT-6
19 Mar 2015 • Dibaca : 1699 x ,

Salah satu teknik pengolahan data di LAPAN yakni penerapan koreksi radiometrik Top of Atmosfer (ToA) untuk data citra SPOT-6. Pada pembuatan mosaik dari beberapa citra multi temporal, walaupun telah dilakukan koreksiToA namun masih belum bisa menghasilkan mosaik yang seamles. Hal ini dikarenakan pada citra multitemporal SPOT-6 tersebut berbeda kondisi atmosfer pada saat perekamannya. Ada perbedaan posisi matahari terhadap bumi, kondisi atmosfer dan sudut perekaman pada masing-masing tanggal perekaman yang berbeda. Koreksi ToA hanya mengoreksi derajat keabuan citra karena pengaruh posisi matahari saja, belum mengoreksi perbedaan kondisi atmosfer secara menyeluruh. Untuk menghasilkan mosaik yang seamless, diperlukan koreksi-koreksi lainnya, misalnya membandingkan dengan citra referensi. Sehingga setelah citra dikoreksi dan dibuat citra mosaik, maka akan menghasilkan mosaik yang seamless.
Data citra SPOT-6 yang digunakan pada penelitian ini yakni sekitar 307 scene citra SPOT-6 seluruh Indonesia yang diakuisisi LAPAN tahun 2013. Pengolahan dan penelitian ini dilakukan di bidang Teknologi Pengolahan Data, Pusat Teknologi dan Data Penginderaan Jauh, LAPAN tahun 2014. Data SPOT-6 tersebut kemudian diproses dengan pentahapan sebagaimana tertuang pada Alur Diagram berikut.

Hasil pengolahan menunjukkan kualitas citra yang berbeda sebagaimana ditunjukkan pada gambar berikut. Citra di sebelah kiri merupakan citra mosaik dengan koreksi ToA saja, sedangkan sebelah kanan koreksi ToA sekaligus color balancing yang diujicobakan di wilayah pulau Sumatera bagian utara.
Secara visual, mosaik citra hasil color balancing dapat menghasilkan citra yang lebih seamless daripada mosaik citra yang hanya dilakukan koreksi ToA saja 
Penerapan metode ini, proses  Color Balancing ini dapat dilakukan setelah proses koreksi ToA  pada scene yang dianggap melenceng jauh komposisi warnanya. Pada proses klasifikasi digital lebih lanjut perlu dicermati kesesuaian nilai reflektansi hasil koreksi dengan reflektansi objeknya.


Your Comments
No Comments Results.
Comment Form












Please retype the characters from the image below :


Reload the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code
 








Related Posts
No Related posts

 
© 2014 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL